Inilah Urutan Pangkat Polisi yang Perlu Kamu Ketahui

Bagi kamu ingin menjadi seorang polisi, apakah kamu sudah tahu pangkat atau tingkatan yang ada dalam polisi? Jika belum tahu, cari tahu saja di sini. Hal ini karena artikel kali ini akan membahas tentang urutan pangkat polisi dari yang terendah sampai tertinggi.

Nah, berikut ini urutan pangkat polisi yang perlu kamu tahu yang kami kutip dari sebuah website pendidikan yang cukup terpercaya.

6 Urutan Pangkat Polisi

  1. Polisi Tamtama

Urutan pangkat pertama polisi adalah Tamtama. Tamtama ini merupakan urutan paling bawah atau terrendah dalam kepolisian. Polisi berpangkat Tamtama berperan sebagai prajurit yang bertugas sebagai pelaksana tugas khusus dari kepolisian.

Nah, ada beberapa jenjang yang termasuk dalam golongan pangkat Tamtama ini. Jenjang tersebut antara lain, Ajun Brigadir Polisi atau biasa disingkat Abripol. Di mana Abripol ini merupakan jenjang tertinggi pada pangkat Tamtama.

  1. Polisi Bintara

Kemudian, Polisi Bintara menempati posisi di atas Tamtama. Tugas dari polisi Bintara sendiri yaitu sebagai pelaksana teknis umum dan di bidang reskim. Seperti halnya Tamtama, pangkat Bintara ini dibagi menjadi beberapa jenjang.

Posisi tertinggi pada pangkat Bintara diduduki oleh Brigadir Polisi Kepala (Bripka). Kemudian, di bawah Bripka ada Brigadir Polisi (Brigpol). Lalu, tak ketinggalan juga ada Brigadir Satu (Briptu. Dan jenjang terakhir yaitu Brigadir Dua (Bripda)

  1. Polisi Bintara Tinggi

Pangkat diurutan ketiga ditempati polisi Bintara Tinggi. Berbeda dengan polisi Bintara, polisi Bintara Tinggi biasanya berperan sebagai komandan regu dari Bintara maupun Tamtama.

Dalam pangkat polisi Bintara Tinggi terdapat dua jenjang. Pertama, Ajun Inspektur Satu atau dikenal dengan Aiptu. Kedua, Ajun Inspektur Dua atau disingkat Aipda.

  1. Polisi Perwira Pertama

Urutan pangkat polisi berikutnya adalah polisi perwira pertama. Pangkat polisi ini sudah termasuk dalam pangkat tertinggi di kepolisian ya. Nah, dalam naungan perwira pertama ini, ada beberapa jenjang pangkat polisi.

Pertama, Inspektur Dua Polisi atau yang disingkat Ipda atau yang dahulu dikenal dengan Letnan Dua. Kemudian, ada Inspektur Polisi Satu atau Iptu yang mana dahulu dikenal dengan sebutan Letnan Satu. Terakhir, ada Ajun Komisaris Polisi, disingkat AKP, yang sebelumnya lebih dikenal dengan Kapten.

  1. Polisi Perwira Menengah

Setelah ada pangkat Perwira Pertama, di atasnya diduduki oleh Polisi Perwira Menengah. Pada posisi ini, polisi Perwira Menengah berperan untuk membawahi Perwira Pertama hingga Tamtama.

Dalam posisi ini, terdapat tiga jenjang karir. Pertama, jenjang ditempati oleh Komisaris Polisi atau Kompol. Kemudian, disusul dengan jabatan Ajun Komisaris Besar Polisi atau AKBP. Tingkat terakhir ada Komisaris Besar Polisi atau Kombes.

  1. Polisi Perwira Tinggi

Urutan terakhir ini menduduki pangkat tertinggi dalam kepolisian. Pangkat ini dinamai dengan Polisi Perwira Tinggi. Di mana seorang polisi yang memiliki pangkat perwira tinggi ditandai dengan lambang bintang pada pakaiannya.

Sama seperti pangkat polisi yang lainnya, Perwira tinggi juga memiliki beberapa jenjang. Pada posisi pertama, ada Brigadir Jenderal Polisi. Kedua, ditempati oleh Inspektur Jenderal Polisi. Kemudian, tingkat ketiga diduduki oleh Komisaris Jenderal Polisi. Tingkatan terakhir diduduki oleh Jenderal Polisi.

Nah, itulah informasi tentang urutan pangkat polisi. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *