Tips Mudik Bersama Bayi agar Nyaman dan Tidak Rewel

Dot bayi – Tak terasa, Hari Raya Idul Fitri atau biasa disebut Lebaran sebentar lagi tiba. Moms dan keluarga pasti sudah tak sabar ingin mudik ke kampung halaman, benar? Ya, mudik memang salah satu tradisi Hari Raya yang paling dinanti, walau harus menikmati kemacetan saat menuju dan kembali dari kampung halaman.

Mudik pun semakin ‘menantang’ jika membawa anak, khususnya yang masih batita atau bahkan masih bayi. Nah, agar mudik bersama bayi menjadi tidak ‘semenakutkan’ seperti yang ada di pikiran Anda, ikuti 15 tips dari para pakar yuk, Moms.

1. Latihan Dulu

Agar bayi tidak ‘kaget’ saat menghabiskan waktu berjam-jam di kendaraan, maka tidak ada salahnya untuk latihan mudik terlebih dahulu. Sejak beberapa minggu sebelum mudik, buat simulasi yang hampir mirip dengan situasi mudik nanti.

Tidak semua anak bisa tidur dalam keadaan berisik yang membuatnya tak mudah tidur di dalam kendaraan yang terus bergerak dan penuh kebisingan. Maka, latihan mudik ini bisa membantu anak tidur lebih mudah di perjalanan.

2. Amati Kebiasaan Anak

Beda sikap di rumah, beda pula sikap di perjalanan. Jika di rumah ia biasa tidur dengan mudah dan sesuai jadwal, beberapa ketidaknyamanan perjalanan mudik bisa mengubah itu semua. Maka, perhatikan sikap anak di kendaraan, dan temukan cara terbaik untuk membantunya lebih nyaman di kendaraan. Amati juga hal apa saja yang bisa membuatnya tantrum, dan apa yang bisa meredamnya.

3. Persiapkan Kesehatannya

Agar anak tidak sakit saat mudik, maka pastikan Anda menjaga kesehatan Si Kecil dengan sangat baik sejak setidaknya 1 minggu menjelang mudik. Hindari semua hal yang memicu alergi, hindari kegiatan yang terlalu melelahkan, hindari bermain di mal, dan hindari semua hal yang berpotensi melemahkan kesehatan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *