Tips Merawat Newborn Baby Berikut Ini!

Ada banyak hal yang perlu diperlajari saat bayi baru lahir. Terutama jika ini adalah kali pertamamu menjadi seorang ibu. Bayi yang baru lahir memang membutuhkan perawatan dan kesabaran ekstra. Mulai dari cara menggendongnya hingga tahap demi tahap memberinya ASI secara langsung pun wajib dipahami. Namun, jangan khawatir! Kamu pasti bisa melewatinya dengan 5 tips perawatan bayi khususnya yang baru lahir (newborn) sebagai berikut dari babyhuki.co.id!

1. Cara Menggendong Bayi
Hal pertama yang perlu dipelajari saat bayi baru lahir adalah cara menggendong yang tepat. Tubuh bayi saat masih berusia di bawah satu bulan masih sangat lunak. Oleh karenanya, tak boleh sembarangan menggendongnya. Pastikan kamu melakukan cara menggendong yang benar di bawah ini:

 

Angkat bayi hingga setinggi bahu, kemudian letakkan kepalanya di bahumu, sehingga pandangannya akan berada di belakang kepala kamu.
Letakkan satu tangan diantara leher dan kepala bayi, untuk mencegah kepalanya mendongak secara tiba-tiba yang bisa berpotensi bahaya.
Letakkan tanganmu yang lain di bagian bawah tubuh bayi untuk menopangnya.

2. Belajar Menyusui
Menyusui hari-hari pertama tentu tidak bisa langsung sempurna. Pastikan saat baru lahir, bayi diperkenalkan dengan inisiasi dini. Apa itu inisiasi dini? Inisiasi menyusui dini adalah memberikan kesempatan pada bayi untuk mulai menyusu segera setelah bayi dilahirkan. Begitu lahir, bayi tidak dipisahkan, tetapi langsung diletakan di dada ibu untuk mulai terbiasa menyusui.

Kemudian yang juga selalu menjadi pertanyaan yakni seberapa sering bayi harus diberikan ASI. Pada dasarnya, tidak ada aturan khusus berapa kali bayi bayi harus disusui. Akan tetapi bila dikira-kira, bayi butuh menyusu antara 8-12 kali sehari atau setiap 1-3 jam. Volume lambung bayi masih sangat kecil justru kurang memungkinkan bayi menyusu lebih sering dari itu.

3. Merawat Tali Pusar
Tips perawatan bayi selanjutnya adalah soal tali pusar. Bayi yang baru lahir tidak begitu saja terlepas dari tali pusar. Umumnya tali pusar bayi akan terputus antara 1 sampai 2 minggu setelah kelahiran si kecil. Itulah mengapa seorang ibu penting mengetahui cara merawatnya. Perlu diingat, hindari merawat tali pusar dengan alkohol karena hal ini dapat membahayakan kesehatan bayi. Cukup dengan air hangat dan usahakan tali pusar bayi tetap kering agar tidak terjadi infeksi.

4. Bayi Wajib Dijemur
Saat belum menjadi ibu seperti sekarang, kamu pasti pernah melihat bayi yang dijemur setiap pagi, kemudian bertanya-tanya akan maksud dan tujuannya. Satu catatan yang perlu dipelajari saat bayi baru lahir ialah menjemurnya di bawah matahari sebelum jam 9 pagi. Menjemur bayi pada waktu tersebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena matahari pagi memiliki kandungan spektrum sinar biru dan vitamin D alami yang dapat membantu dalam mengurangi kadar bilirubin dalam darah bayi serta membantu pembentukan tulangnya yang masih lemah.

5. Rajin Mengganti Popok
Walau terlihat mudah, namun perawatan bayi yang tak kalah pentingnya harus sering kamu lakukan demi menjaga kebersihan organ intimnya. Gantilah popok bayi setiap kali basah. Bersihkan terlebih dahulu daerah bayi yang terkena buang air kecil dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk kecil atau tisu. Setelah kering, beri bedak khusus pada daerah lipatan paha dan belakang agar terhindar dari kulit lecet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *