Tips Mengkilapkan Keramik Kusam

keramik dinding – Keramik kusam memang terlihat cukup mengganggu pemandangan, apalagi jika keramik tersebut berada di ruang tamu. Biasanya kondisi kusam ini disebabkan oleh kotoran yang mengendap dalam waktu cukup lama.

Namun, jika Anda mengalami hal ini, jangan buru-buru menggantinya dengan yang baru. Cobalah beberapa tips mengkilapkan keramik kusam berikut ini.

Tips Mengkilapkan Keramik Kusam

1. Menggunakan baking soda

Siapa sangka salah satu bahan untuk pembuatan kue ini bisa membantu membersihkan noda membandel di lantai. Bahkan, baking soda ternyata bisa membuat lantai menjadi lebih berkilau apabila digunakan secara rutin.

Cara menerapkannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menaburkan beberapa sendok baking soda ke lantai dan teteskan air hingga baking soda bereaksi. Gosok dengan kain pel sampai noda terangkat dan terlihat berkilau.
2. Menggunakan larutan cuka

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan larutan cuka. Tentu saja bahan ini sangat mudah ditemukan di dapur. Cara menggunakannya adalah dengan menuangkan cuka putih secukupnya ke bagian keramik yang kusam.

Tunggu selama 15 menit dan gunakan kain untuk menggosok keramik tersebut. Setelah itu, lanjutkan membersihkan dengan cairan pembersih lantai untuk menghilangkan bekas aroma cuka.
3. Menggunakan tepung terigu

Salah satu penyebab keramik menjadi kusam adalah noda minyak. Noda ini bisa muncul karena beberapa hal seperti makanan tumpah atau penyebab lain. Apabila keramik dilapisi minyak dalam waktu cukup lama maka akan terlihat kusam.

Menggunakan tepung terigu adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Untuk membersihkan dengan cara ini, taburkan tepung terigu di permukaan yang berminyak. Tunggu beberapa saat dan bersihkan sisa terigu menggunakan kain lap.

Untuk keramik lantai, gunakan larutan air dan cairan pembersih untuk mengepel, sedangkan untuk dinding dapat menggunakan spons yang dicelupkan ke larutan sabun.
4. Menggunakan pasta gigi

Selain bisa memutihkan gigi, rupanya pasta gigi juga dapat dimanfaatkan untuk mengkilapkan keramik yang mulai kusam. Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi di lantai bagian kusam dan diamkan beberapa saat.

Selanjutnya, sikat secara perlahan menggunakan sikat gigi bekas untuk menjangkau bagian yang lebih sempit. Terakhir, lap sampai bersih hingga tidak ada pasta gigi tersisa.
5. Menggunakan lemon

Tidak mengherankan memang jika buah satu ini kerap dijadikan salah satu bahan utama untuk membuat cairan pembersih. Nyatanya, lemon memang bisa dimanfaatkan untuk hal tersebut, termasuk membersihkan keramik kusam. Lemon memiliki kandungan zat antibakteri yang dapat membunuh kuman serta bau tak sedap.

Untuk membersihkan keramik dengan lemon, campurkan perasan lemon secukupnya dengan air hangat. Perbandingan antara lemon dan air adalah 1:3. Setelah itu, semprotkan cairan tersebut ke lantai keramik.

Diamkan beberapa saat dan bersihkan menggunakan kain pel. Kandungan alami lemon ini juga akan memberikan sensasi kesegaran dan membuat keramik menjadi lebih berkilau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *