Tips Diet yang Sehat dan Gak Menyiksa untuk Penderita Maag

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita – Penyakit maag biasanya menuntut penderitanya untuk makan secara teratur dan menghindari berbagai pantangan tertentu. Jika terlambat sekali saja, asam lambung bisa naik, terasa perih dan juga tidak nyaman pada perut dan ulu hati.

Lantas bagaimana agar penderita maag bisa diet dengan aman dan juga tidak menyiksa? Diet bukan berarti porsi makan harus sangat sedikit dari biasanya, melainkan program untuk mengatur dan memilih makanan yang masuk ke tubuh agar mencapai berat badan ideal dan sehat.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 tips diet yang tidak menyiksa dan tetap sehat bagi penderita maag:

Makan secara teratur

Tips diet yang paling utama bagi penderita maag adalah makan secara teratur. Makan dengan waktu yang sama serta teratur bisa mencegah asam lambung naik, karena perut tidak kosong terlalu lama.

Kamu bisa mengatur alarm untuk membantumu makan secara teratur. Jika kamu merasa tidak mood makan, coba paksa secara perlahan. Makan sedikit demi sedikit, agar maag tidak kambuh.

Makan lebih sering dengan porsi kecil

Jika kamu seringkali makan hanya 1-2 kali sehari, coba ubah ritme makan dengan menambah intensitas makan tapi dengan porsi yang lebih kecil. Misalnya makan jadi 3 atau 4 kali dengan porsi ½ atau 1/3 dari biasanya setiap kali makan.

Tak melulu makan nasi untuk mengisi intensitas makan yang banyak tersebut. Kamu bisa mengganti nasi dengan buah-buahan, sayur, susu rendah lemak, biskuit sehat dan lainnya. Hindari minum teh atau kopi dalam jumlah banyak sebab bisa memicu naiknya asam lambung.

Jangan makan buah dan sayuran bergas tinggi

Jarang diketahui bahwa ada buah-buahan dan sayuran yang tak boleh dimakan oleh penderita maag karena mengandung gas tinggi. Diantaranya adalah brokoli, kubis, kecambah, nangka dan durian. Apabila kamu mengonsumsi dalam jumlah banyak, maka bisa menyebabkan perut bergas, kembung dan asam lambung jadi kambuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *