Tips Diet Saat Puasa, Tepat, Efektif dan Aman!

Puasa Ramadan merupakan waktu tepat untuk restorasi tubuh. Dengan tidak mengonsumsi makanan dalam jangka waktu hampir seharian, tubuh lebih mudah mengeluarkan racun.

Hal ini mencegah terjadinya berbagai masalah kesehatan dari kolesterol tinggi, penyakit jantung, obesitas, hingga kesehatan mental.

Tentunya, bulan Ramadan ini bisa dijadikan peluang ideal untuk menurunkan berat badan. Tapi perlu hati-hati. Menurut para ahli medis, banyak keluhan gangguan sistem pencernaan seperti maag dan sembelit di saat puasa.

Untuk menjalankan diet saat puasa, perlunya strategi dan cara yang benar. Dengan begitu, tubuh cepat langsing sekaligus tetap sehat sepanjang menjalani ibadah puasa.

Memiliki tubuh yang ideal memang keinginan banyak orang. Namun, menggunakan cara diet sehat saat berpuasa juga penting untuk dilakukan. Jangan sampai asal dalam jalani diet justru membuat imun tubuh menurun saat puasa.

Untuk itu, yuk simak tips diet saat puasa berikut ini dari www.goldsgym.co.id!
1. Pastikan Minum Cukup Air saat Sahur dan Berbuka
minum air

Tips satu ini pasti sering kamu dengar ya. Minum air yang cukup minimum 2 liter per hari, terutama saat cuaca panas. Hidrasi bukan hanya berguna untuk sistem imun tubuh.

Saat badan dehidrasi, metabolisme tubuh kita bekerja lambat. Alhasil, tubuh sulit membakar lemak atau kalori sehingga berat badan mudah naik.

Bagi kamu yang olahraga di bulan puasa, tubuh akan lebih rentan terhadap dehidrasi. Untuk mencegah hal ini, campur 500-700 ml air dengan garam mineral.
2. Hindari Minuman Manis, Kafein dan Karbonasi

Yah, tips satu ini memang sangat sulit diikuti. Tapi, langkah ini sangat ampuh menurunkan berat badan. Minuman manis ini bisa dibilang biang keladi berbagai penyakit dan berat badan yang sulit turun. Kamu akan kaget sendiri jika tahu berapa kalori dalam satu gelas minuman es kesukaanmu itu.

Sedangkan minuman karbonasi dan kafein seperti teh dan kopi akan memicu dehidrasi. Walau diminum tanpa gula, sebaiknya tetap dihindari ya. Jenis minuman ini juga bisa membuat perut kembung dan menimbulkan maag.
3. Jangan Lewati Sahur
jangan lewati sahur

Mungkin kamu berpikir semakin jarang makan semakin mudah turun berat badan? Salah besar ya! Melewati sahur bukan hanya menurunkan sistem imun kamu, tapi juga metabolisme tubuh.

Kamu akan merasakan lapar dan lemas sepanjang hari, sehingga tidak bisa bisa beraktivitas (alias bakar kalori).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *