Simak, Ini Tips Memilih Paket Internet

Di masa pandemi Covid-19, hampir seluruh kegiatan masyarakat kini dilakukan secara daring dari rumah baik itu bekerja, sekolah maupun berbelanja. Selain Wi-Fi, koneksi internet bisa didapatkan melalui paket internet unlimited termurah tanpa kuota yang ditawarkan dari berbagai operator seluler.

Diketahui, masing-masing operator menawarkan paket internet dengan harga, batas cakupan, kecepatan dan kualitas jaringan yang beragam paket internet rumah 100 ribuan. Karenanya, setiap paket internet memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, berikut adalah tips memilih paket internet dari operator seluler.

Cari Tahu Kualitas Internet di Lokasi Penggunaan

Lokasi menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih paket internet yang tepat. Sebab, kualitas jaringan internet berbeda-beda tergantung lokasi. Namun, memastikan kualitas internet di sebuah lokasi tentu sulit bagi pengguna yang bepergian ke banyak tempat. Untuk itu, gunakan provider yang memiliki jangkauan wilayah yang luas dan merata dengan membeli paket internet yang harganya mungkin lebih mahal.

Sebagai contoh, kualitas layanan paket internet Telkomsel yang cenderung lebih mahal akan berbeda dengan Indosat, Tri, XL dan provider lainnya.

Cermati Syarat serta Ketentuan Layanan

Sebuah paket data mungkin menawarkan kecepatan internet tinggi dan kuota yang melimpah. Namun, tidak jarang kualitas tersebut hanya bisa didapatkan saat berbagai ketentuan dan syaratnya terpenuhi. Untuk itu, jangan mudah tergiur dengan tawaran paket data murah sebelum memahami betul segala syarat serta ketentuan layanannya.

Sesuaikan dengan Perangkat

Pilih paket data yang sesuai dengan perangkat yang digunakan. Sebagian orang mungkin hanya menggunakan paket data di smartphone saja. Tetapi, sebagian lainnya juga memanfaatkan koneksi internet untuk tethering ke perangkat lainnya.

Pemakaian internet di laptop biasanya menguras kuota lebih cepat dibandingkan dengan smartphone. Hal ini dikarenakan optimasi datanya lebih tinggi.

Perhatikan Perilaku Pemakaian Internet

Jika memiliki budget terbatas, ketahui perilaku pemakaian internet agar mengetahui lebih butuh kuota internet melimpah atau kecepatan internet yang tinggi. Sebab, beberapa paket internet yang terjangkau hanya memberikan kuota yang banyak, namun kecepatan internetnya tidak seberapa atau sebaliknya.

Misalnya, jika penggunaan internet sehari-hari biasa digunakan untuk membuka e-mail, kuota internet yang dibutuhkan tidak perlu besar. Tetapi, paket data tersebut harus memiliki kecepatan tinggi agar tidak melewatkan deadline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *