Panduan Diet Sehat yang Aman Turunkan Berat Badan

Kebanyakan orang sering menganggap bahwa diet adalah pola makan yang mengurangi porsi dan jenis makanannya. Oleh sebab itu, beberapa dari Anda mungkin beranggapan diet hanya perlu dijalani oleh mereka yang ingin kurus.

Faktanya, memang benar kunci utama dari menurunkan berat badan adalah menjalani pola makan atau diet yang sehat. Meski begitu, program penurun berat badan ini tidak semudah kedengarannya.

Salah strategi justru dapat menjadi bumerang bagi berat badan. Itu sebabnya, panduan pola makan sehat guna mengurangi berat badan perlu diterapkan.

Selain menurunkan berat badan, cara mengecilkan perut buncit pada wanita yang sehat memberikan jumlah energi yang tepat bagi tubuh. Keseimbangan energi akan terjadi ketika kalori yang diambil dari makanan sama dengan kalori yang dibakar oleh tubuh.

Setiap orang membutuhkan asupan kalori agar tubuh bisa berfungsi dengan baik, mulai dari berpikir hingga bernapas. Artinya, Anda perlu merancang diet yang sesuai dengan kebutuhan kalori masing-masing.

Konsumsi lebih banyak kalori dibandingkan yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari dapat menambah berat badan. Hal ini terjadi karena kalori ekstra yang Anda dapatkan akan disimpan sebagai lemak dan tidak digunakan.
Kebiasaan Makan

Bagaimana mengubah kebiasaan makan dalam diet sehat?

Pola makan tidak hanya menghindari sejumlah makanan atau minuman tertentu. Anda juga perlu memulai kebiasaan makan agar berhasil menjalani diet yang sehat guna menurunkan berat badan.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda menjalani diet untuk mengurangi berat badan.

1. Menghitung kebutuhan kalori

Sebelum mulai merancang menu makanan, langkah awal diet yang sehat dan aman bagi tubuh adalah mengenali kebutuhan kalori. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda berdasarkan berbagai faktor, seperti usia hingga kondisi kesehatan.

Sebagai contoh, penyandang obesitas akan memiliki kebutuhan kalori yang berbeda dengan orang sehat yang ingin mengurangi berat badan. Dengan memperoleh jumlah kalori yang tepat dari makanan dan minuman, tubuh mendapatkan energi yang dibutuhkan.

Alhasil, fungsi tubuh akan berjalan normal, mulai dari berpikir, memompa darah, hingga bernapas. Jadi, sebelum merancang pola makan untuk menjaga berat badan, kenali dahulu kebutuhan kalori agar tubuh tetap berfungsi dengan baik.

2. Mengatur porsi makan
Pada saat hendak menjalani diet, bukan berarti Anda harus menghindari berbagai jenis makanan. Pasalnya, semua jenis makanan tetap dibutuhkan oleh tubuh, hanya saja Anda perlu mengatur porsi makan dengan baik.

Diet yang sehat dan aman tidak harus memangkas porsi makan seminimal mungkin. Kunci utama dari pola makan ini adalah makan sesuai dengan kebutuhan kalori harian agar tubuh berfungsi dengan baik.

Idealnya, Anda bisa membagi piring menjadi 4 bagian yang terdiri dari:

Seperempat untuk daging atau sumber protein,
seperempat untuk karbohidrat, dan
sisanya untuk sayuran hijau dan berwarna warni.

 

Intinya, Anda perlu menyesuaikan porsi makan dengan prinsip gizi seimbang. Jangan lupa untuk menghindari makanan berlemak atau tinggi gula ketika makan malam agar berat badan tidak melonjak drastis.

3. Membuat jadwal makan yang teratur

Beberapa dari Anda mungkin menganggap bahwa melewatkan waktu makan dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Faktanya, hal tersebut tidak benar adanya.

Setiap waktu makan penting dalam menjalani diet sehat. Melewatkan waktu makan justru membuat tubuh mudah lapar, gula darah naik-turun drastis, dan stres. Anda tetap disarankan makan 3 kali sehari dengan memerhatikan porsi makan.

Jika ingin mengurangi porsi makan, Anda bisa membagi 3 waktu makan besar menjadi 6 kali makan sepanjang hari dengan porsi kecil. Kuncinya, Anda tetap perlu menghindari makanan tinggi lemak dan tinggi kalori.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *