Memilih Generator yang Tepat untuk Fasilitas Anda

By | August 24, 2020

Waktu terbaik bagi perusahaan untuk mengimplementasikan generator (alias genset) adalah sebelum membutuhkannya. Sayangnya, banyak perusahaan menunggu hingga terlambat, dan menghabiskan pemadaman listrik berencana untuk menghubungi layanan generator dalam waktu dekat. Beberapa entitas dapat menahan pemadaman listrik lebih baik daripada yang lain. Tetapi ini pasti: perusahaan yang mengoperasikan generator tenaga listrik dapat melakukan bisnis seperti biasa selama pemadaman listrik, dan perusahaan yang tidak mengoperasikan generator biasanya tidak dapat melakukannya. Generator hadir dalam berbagai kapasitas dengan berbagai fitur, dan memilih yang tepat akan memastikan pemadaman berikutnya tidak meninggalkan gedung Anda dalam kegelapan.

Pertimbangan dasar untuk memilih generator

Sebelum memutuskan akan membeli genset apa, sebaiknya perusahaan berkonsultasi dengan penyedia jasa genset. Pada konsultasi awal, penyedia akan menjadwalkan pemeriksaan fasilitas pelanggan untuk menentukan jenis unit yang dibutuhkan dan bagaimana cara memasangnya. Setelah pelanggan mengetahui jenis peralatan yang dibutuhkan, pelanggan dapat mulai berbelanja. Penyedia juga dapat menyarankan beberapa opsi.

Bagi banyak perusahaan, perhatian pertama dalam membeli genset adalah harga. Tetapi penting untuk melihat melampaui label harga genset dan menentukan biaya pengoperasiannya selama bertahun-tahun. Misalnya, generator diesel biasanya lebih murah daripada model gas alam. Namun, karena solar lebih mahal daripada gas alam, model gas alam biasanya lebih murah untuk dioperasikan. Perusahaan juga harus mempertimbangkan untuk membeli genset bekas, terutama jika model yang tepat tersedia dalam bentuk refurbished.

Meskipun membeli generator tenaga listrik bekas kedengarannya berisiko, model industri diketahui menawarkan layanan puluhan tahun, terutama bila dirawat dengan baik dan dilengkapi dengan teknologi baru sesuai kebutuhan. Untuk merasa aman dalam membeli genset bekas, perusahaan harus mengambil langkah-langkah berikut:

  • hanya membeli dari penjual profesional generator bekas (misalnya, hindari membeli dari lelang perusahaan atau pedagang eBay yang tidak memenuhi syarat),
  • periksa reputasi penjual di Better Business Bureau (BBB),
  • meminta salinan catatan pemeliharaan resmi generator, dan
  • melakukan inspeksi generator secara langsung, atau meminta pihak ketiga yang ahli untuk melakukan inspeksi.

Masalah tambahan

Setelah perusahaan mengetahui jenis genset tenaga listrik yang dibutuhkan, perusahaan harus mempertimbangkan dengan cermat siapa yang harus memasangnya. Dalam beberapa kasus, perusahaan memiliki generator yang dipasang oleh perusahaan konstruksi, yang menempatkan mereka pada posisi melakukan manajemen proyek. Pilihan yang lebih baik adalah memasang unit oleh dealer genset independen yang melakukan manajemen proyek sebagai layanan kepada pelanggannya. Dengan dealer yang melakukan manajemen proyek, proyek memiliki peluang lebih besar untuk diselesaikan tepat waktu dan sesuai anggaran.

Kekhawatiran lain – yang akan terjadi setelah garansi generator habis – adalah siapa yang harus memelihara generator. Banyak perusahaan pembuat generator yang melakukan perawatan. Tetapi pemeliharaan pihak ketiga (3PM) dapat memberikan kualitas yang sama dengan harga yang lebih rendah. Tidak seperti tarif pemeliharaan pabrikan peralatan asli (OEM), yang diketahui berfluktuasi, tarif pihak ketiga tetap ditetapkan selama periode kontrak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *