Khasiat Hidup Santai dan Sederhana

Inspirasi Hidup – Kesibukan sehari-hari bisa berdampak buruk terhadap kesehatan mental. Nah, slow living bisa menjadi solusinya. Lantas, bagaimana cara melakukannya?

Slow living merupakan konsep menjalani hidup dengan cara perlahan atau santai dan sederhana. Anda memilih hal yang paling penting, sehingga dapat hidup lebih realistis. Singkatnya, slow living dapat membuat Anda hidup sesuai keinginan tanpa perlu memikirkan pendapat orang lain.

Berikut manfaat slow living untuk kesehatan mental:

1. Lebih Tenang
Melansir Klik Dokter, Psikolog Ikhsan Bella Persada menjelaskan bahwa dalam kehidupan modern, seseorang seperti dituntut untuk terus bergerak agar tidak tertinggal dari orang lain. Ketika Anda memutuskan untuk menjalani slow living, tentu perasaan tidak ingin tertinggal akan luntur. Anda akan menjalani hidup dengan lebih tenang.

2. Lebih Menghargai Waktu
Daripada membuang waktu untuk hal tidak penting, Anda akan memanfaatkan waktu semaksimal mungkin. Anda bisa menggunakan waktu untuk mengembangkan hobi atau melakukan hal yang disukai, ketimbang hanya tiduran dan tidak melakukan apapun di rumah.

3. Lebih Bersyukur
Dengan menjalani hidup slow living, Anda akan lebih menyadari apa yang ada dalam hidup dan mensyukurinya. Anda pun akan memiliki lebih banyak waktu untuk keluarga dan mensyukuri momen saat menghabiskan waktu bersama. “Anda akan lebih memaknai kegiatan yang dapat Anda lakukan dan mensyukuri setiap hal yang dilakukan saat ini,” ujar Ikhsan.

4. Menurunkan Stres
Dengan hidup lebih sederhana, Anda tidak berpikir hidup orang lain lebih baik dari kehidupan Anda. Kadar stres dalam pikiran pun akan berkurang.

5. Meningkatkan Produktivitas
Dengan menerapkan gaya hidup slow living, Anda dapat meningkatkan produktivitas. Hidup perlahan bukan berarti tidak produktif, tapi fokus pada kegiatan pribadi. Dengan meningkatnya produktivitas, Anda tidak terburu-buru dalam membuat keputusan penting. Tentunya hal ini akan berdampak baik bagi mental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *