Ingin Batuk Terus-menerus Cepat Sembuh? Cek Disini!

Pondok Indah Medical Centre PIMC – Batuk terus-menerus yang berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh tentu sangat menyusahkan. Tidak hanya menyusahkan, batuk terus-menerus juga bisa mengganggu tidur malam dan membuat kelelahan.

Batuk terus-menerus yang berlangsung lebih dari delapan minggu pada orang dewasa, atau lebih dari tiga minggu pada anak-anak dikategorikan sebagai batuk kronis.

Batuk terus-menerus sebenarnya mudah untuk diatasi jika penyebabnya sudah diketahui.

1. Antihistamin dan Dekongestan

Jika batuk terus-menerus disebabkan oleh alergi dan postnasal drip, dua obat di atas merupakan cara yang efektif untuk menghentikannya. Postnasal drip sendiri merupakan kondisi ketika hidung atau sinus memproduksi lebih banyak lendir yang kemudian masuk ke bagian belakang tenggorokan.

Lendir di tenggorokan ini bisa menyebabkan rasa gatal yang kemudian mendorong refleks untuk batuk.

2. Obat Asma

Ada salah satu jenis asma di mana batuk kering merupakan gejala utamanya. Pengobatan yang efektif untuk mengatasi batuk terus-menerus yang diakibatkan asma adalah kortikosteroid dan bronkodilator.

3. Antibiotik

Jika batuk terus-menerus terjadi karena infeksi bakteri atau jamur, dokter kemungkinan besar akan memberikan resep antibiotik untuk mengobati infeksi.

4. Atasi GERD

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi ketika asam lambung kembali mengalir ke saluran yang menghubungkan lambung dengan tenggorokan. Kondisi ini lebih sering terjadi saat kalian berbaring untuk tidur di malam hari.

GERD juga merupakan salah satu penyebab batuk terus-menerus di malam hari. Untuk mengatasi GERD kalian bisa mengubah gaya hidup atau meminum obat yang bisa memblokir produksi asam lambung.

5. Konsumsi Minuman Hangat

Minuman atau makanan hangat bisa mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan sekaligus meringankan batuk. Untuk menenangkan tenggorokan coba konsumsi teh, jus hangat atau sup ayam.

6. Minum Madu

Satu sendok teh madu bisa meringankan batuk terus-menerus. Tapi jangan berikan madu ke anak di bawah usia 1 tahun karena mengandung bakteri jahat untuk bayi.

7. Pakai Humidifier

Udara yang kering dan hangat bisa membuat tenggorokan dan saluran pernapasan menjadi iritasi. Atasi udara yang kering menggunakan humidifier yang bisa membuat ruangan terasa dingin dan lembab sekaligus membuat tenggorokan terasa lebih nyaman.

8. Hindari Asap Rokok

Merokok atau menghirup asap rokok bisa membuat paru-paru menjadi iritasi dan memperburuk batuk hingga sulit sembuh. Jika kalian merokok, sebaiknya segera berhenti, dan jika tidak sebisa mungkin hindari asap rokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *