Fungsi Umum Sebuah generator set

By | March 10, 2020

Generator digunakan untuk mengubah tenaga listrik menjadi bentuk alternatif. Ini mungkin energi mekanik atau bahkan bentuk listrik yang berbeda. Sebuah generator memaksa muatan listrik untuk bergerak melalui sirkuit eksternal tanpa menghasilkan listrik atau muatan. Ini mirip dengan pompa air dimana ia menciptakan aliran air tetapi tidak menghasilkan air di dalamnya.

Ada berbagai jenis generator yang tersedia, beberapa yang lebih umum adalah bensin, dan diesel. Generator bensin menggabungkan generator listrik dengan mesin yang dipasang bersama untuk membentuk satu peralatan. Selain mesin dan generator, generator bensin memiliki pasokan bahan bakar, pengatur kecepatan engine konstan, sistem pendingin dan knalpot, serta sistem pelumasan.

Generator diesel menggabungkan mesin diesel dengan generator listrik (sering disebut sebagai alternator) untuk menghasilkan energi listrik. Genset diesel biasanya ditemukan di tempat-tempat yang tidak memiliki koneksi ke jaringan listrik atau, sebagai alternatif catu daya darurat jika jaringan gagal. Jika satu atau lebih generator diesel beroperasi tanpa terhubung ke jaringan listrik, mereka dikatakan beroperasi dalam mode “pulau”. Beberapa generator paralel yang bekerja bersama dengan cara ini memberikan keuntungan redundansi dan efisiensi yang lebih baik pada beban sebagian.

Generator diesel dapat dihubungkan bersama secara elektronik melalui sinkronisasi. Ini mengacu pada proses yang melibatkan pencocokan tegangan, frekuensi dan fase sebelum menghubungkan generator ke bar-bus hidup. Ini dapat dilakukan secara otomatis oleh modul sinkronisasi otomatis. Beban dapat dibagi di antara generator yang berjalan paralel melalui pembagian beban. Karena penggerak utama generator diesel berjalan dengan kecepatan konstan, maka akan membutuhkan lebih banyak beban saat pasokan bahan bakar meningkat. Beban akan dilepaskan jika pasokan bahan bakar berkurang.

Selain peran aktif mereka sebagai pemasok listrik pada saat listrik mati, generator diesel juga dapat secara rutin mendukung jaringan listrik utama dengan dua cara berbeda; pencukur puncak dan dukungan kisi. Mencukur puncak mendorong penggunaan generator diesel pada saat permintaan meningkat. Dukungan grid mengacu pada generator diesel siaga darurat yang digunakan sebagai fungsi sekunder untuk mendukung grid nasional masing-masing pada waktu tertentu karena berbagai alasan. Hal ini cenderung terjadi selama kenaikan mendadak permintaan energi yang mengikis cadangan pemintalan normal yang tersedia.

Generator terbaru jauh lebih kompleks namun dengan ini datang keandalan dan efisiensi bahan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *