Cara Merawat Kulit Wajah agar Tidak Kusam dan Tetap Cerah Alami

Setiap perempuan pasti mendambakan kulit yang cerah dan berseri. Tetapi sering kali paparan sinar matahari dan radikal bebas, bisa membuat kulit wajah menjadi lebih gelap dan tampak kusam dengan sabun cuci muka.

Kulit kusam bisa mengurangi rasa percaya diri pada perempuan. Kondisi kulit kusam ini terjadi karena terlalu banyak sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Sehingga kulit kusam harus dirawat dengan benar, agar kulit menjadi terlihat lebih cerah dan bersinar kembali.

Menjaga kulit agar tetap cerah dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah merawat kulit wajah kusam dengan cara yang alami. Berikut 5 cara merawat wajah agar tidak kusam secara alami, serta tampak cerah secara alami, dilansir dari Liputan6.com:

Mencuci Wajah Secara Rutin

Cara merawat kulit wajah agar tidak kusam yang pertama, yaitu dengan cara mencuci wajah secara rutin. Kamu bisa mencuci wajah 2 hingga 3 kali saja dalam sehari.

Selain membantu membersihkan dari debu dan kotoran, mencuci wajah bisa membantu mengontrol minyak di kulit, menjaga kulit wajah tetap lembap, membuat kulit wajah cerat dan tampak lebih bercahaya.

Usahakan jangan menggunakan sabun cuci wajah yang mengandung alkohol, paraben atau parfum. Karena kandungan tersebut bisa membuat kulit wajah menjadi iritasi, kering dan semakin kusam.

Mengonsumsi Air Putih

Kulit kusam bisa disebabkan karena kulit mengalami kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan. Sehingga kamu perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuhmu, dengan mengonsumsi air putih kurang lebih 8 gelas setiap harinya.

Air putih bisa membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh, yang bisa membantu membuat kulit menjadi lebih cerah, produksi minyak lebih terkontrol dan membuat kulit wajah menjadi lebih lembap.

Sebaiknya kurangi minuman yang beralkohol dan bersoda, karena minuman tersebut bisa membuat kulit wajah menjadi lebih kusam dan kering. Hindari minuman yang mengandung gula tambahan, selain menyebabkan kulit kusam, kandungan gula bisa menimbulkan jerawat di wajah.

Menggunakan Tabir Surya

Kulit kusam dapat disebabkan karena terlalu sering terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari memang sangat berbahaya. Karena selain membuat kulit kusam, sinar matahari bisa membuat kulit menggelap, menjadi keriput dan muncul flek-flek hitam yang mengganggu penampilan.

Untuk mencegah hal ini, kamu bisa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 PA+++. Walaupun hanya di rumah saja, tabir surya juga harus digunakan setiap hari, setelah kamu menggunakan pelembap.

Tabir surya harus diulang pemakaiannya setiap 4 jam sekali. Tabir surya juga harus digunakan 30 menit sebelum kamu keluar rumah, agar tabir surya meresap kedalam kulit dan melindungi kulit secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *