Cara Menghemat Kuota Internet di Android Saat Physical Distancing

cara mendapatkan kuota gratis Indosat – Sejak pandemi corona COVID-19 memasuki wilayah Indonesia, hingga kini lebih dari 500 orang terinfeksi virus itu. Untuk mengantisipasi penyebaran wabah, pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan physical distancing, yaitu menjaga jarak dengan orang lain hingga dua meter, menjauhi kerumunan, dan tidak berkumpul di acara-acara yang menarik perhatian cara mengetahui wa disadap.

Lembaga-lembaga pemerintah dan swasta juga banyak yang menerapkan kerja dari rumah atau work from home, serta pembelajaran jarak jauh (remote learning). Sebagian besar porsi keduanya dilakukan dengan bantuan teknologi.

Implementasi physical distancing dan bekerja dari rumah menjadikan banyak orang merasa terkurung di kediamannya masing-masing. Dilansir dari Pychology Today, hal ini tidak mustahil menyebabkan seseorang merasa terisolasi, bosan, khawatir berlebihan, hingga mengalami stres.

Solusi sederhananya adalah dengan mencari hiburan yang paling mudah dijangkau di internet, baik itu dengan streaming video, film, maupun musik, berselancar di media sosial, hingga bermain gim melalui gawai pintar masing-masing.

Laman Geekwire menuliskan bahwa sejak terjadi pandemi corona COVID-19, banyak situs live streaming hiburan mengalami peningkatan signifikan seperti penonton Twitch yang naik 10 persen, Youtube Gaming sampai 15 persen, bahkan pelanggan Netflix naik drastis hingga nyaris 100 persen di wilayah-wilayah terdampak virus corona COVID-19.

Jika Anda sedang melakukan physical distancing dan menetap di rumah atau mengisolasi diri, jangan sampai akses hiburan melalui gawai masing-masing menguras kantong karena penggunaan kuota internet yang berlebihan. Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menghemat kuota internet untuk hiburan, terutama untuk gawai Android sebagaimana dilansir dari Fossbytes:

1. Batasi Penggunaan Data
Membatasi kuota internet yang akan digunakan adalah cara termudah untuk menghindari penggunaan data berlebihan.

Anda dapat mengatur hal ini dengan masuk ke fitur “Setelan” di ponsel Anda, kemudian ketuk “Penggunaan Data > Siklus Penagihan > Batas data dan siklus tagihan”. Di bagian itu, Anda dapat mengatur penggunaan maksimum data yang akan digunakan dalam waktu-waktu tertentu

Selain itu, Anda juga dapat memutus koneksi internet jika batasan kuota tersebut sudah habis.

2. Batasi Backround Apps
Beberapa aplikasi di gawai pintar dapat otomatis menyedot kuota internet, kendati ponsel tersebut tidak digunakan. Misalnya, aplikasi latar belakang layar seringkali menampilkan pembaharuan di ponsel.

Tujuan pembaharuannya adalah memudahkan Anda untuk selalu update, terutama ketika melakukan kegiatan multitasking. Namun, tentunya tidak setiap waktu Anda perlu terus diingatkan.

Jika Anda bermaksud menghemat kuota internet, Anda dapat membatasi penggunaan aplikasi tersebut. Cara mengaturnya, masuklah ke fitur “Setelan > Penggunaan Data”, dan di sana, Anda dapat memonitor aplikasi mana saja yang sudah menggunakan kuota internet dan seberapa banyak data yang disedotnya.

Jika mengetahui bahwa aplikasi latar belakang layar tersebut menyedot kuota internet cukup siginifikan, Anda dapat mengatur aplikasi tersebut agar tidak aktif di ponsel. Ketuk “Batasi data aplikasi latar belakang” atau “Restrict app background data”.

Pembatasan ini akan menjadikan aplikasi latar belakang hanya akan digunakan ketika aplikasi ini dibuka saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *