Cara Mengatasi Batuk pada Bayi 4 Bulan dari Rumah

PCR Test Jakarta  – Setelah terpapar dengan udara luar secara langsung, bayi rentan terpapar berbagai penyakit, salah satu yang paling umum adalah batuk. Banyak hal yang dapat menyebabkan bayi batuk, di antaranya pilek, virus pernapasan, dan alergi.

Sementara dokter merekomendasikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi batuk yang diderita, Mama bisa menggunakan beberapa rekomendasi metode pengobatan di rumah dari Popmama.com ini untuk mengatasi batuk pada bayi empat bulan dari rumah:

1. Menepuk punggung bayi

Mama bisa membantu mengeluarkan dahak dan lendir yang menyebabkan hidung bayi tersumbat dengan cara menepuk punggung bayi.

Posisikan bayi dalam keadaan tengkurap dan tepuk perlahan bagian tengah punggungnya. Mama juga bisa mendudukkan si Kecil di pangkuan lalu mencondongkan tubuh bayi ke arah depan sembari menepuk lembut punggungnya.

2. Sterilisasi lingkungan

Cara lain yang dapat Mama lakukan untuk meredakan batuk pada bayi adalah dengan mensterilkan lingkungan bayi agar lebih nyaman dan bebas dari komponen yang dapat memicu bertambah parahnya batuk si Kecil.

Jauhkan ia dari pengharum ruangan, binatang peliharaan, dan asap rokok. Lalu pasang alat vaporizer khusus untuk melembapkan kamarnya sehingga udara yang dihirup lebih bersih dan sehat.

3. Penguapan

Menghirup uap dapat membantu si Kecil bernapas lebih mudah dan mengurangi batuknya. Nyalakan air panas di kamar mandi dan biarkan ruangan tersebut terisi uap. Duduk di dalam kamar mandi yang penuh uap tersebut bersama bayi yang sedang batuk selama sekitar 20 menit.

Untuk mengisi waktu, Mama bisa melakukannya sembari membacakan cerita atau bermain bersama bayi agar ia lebih nyaman dan tenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *