Cara agar Ibu Tetap Sehat Selama Menyusui

Tidak hanya pada masa kehamilan masalah menyusui ibu baru, ibu juga perlu menjaga kondisi kesehatannya pasca persalinan terutama pada masa periode menyusui. Tak perlu bingung memikirkan apa saja yang perlu diperhatikan dalam usaha menjaga kesehatan di masa menyusui. Berikut hal cara yang perlu ibu perhatikan:

1. Makan dengan baik

Pola makan yang baik sangat penting untuk masa menyusui. Konselor menyusui dengan the National Childbirth Trust (NCT), Jane Moffet mengatakan, ibu harus merasa kenyang terlebih dahulu untuk membuat bayi kenyang. “Makanlah bervariasi dan seimbang. Jika kamu vegan, maka pertimbangkan mengonsumsi makanan yang diperkaya kalsium,” katanya. Gandum utuh, protein dan sayur-sayuran membantu mengatur gula darah dan mengurangi rasa lapar terhadap makanan tinggi lemak dan tinggi gula. Namun, karena menyusui membakar sekitar 300 kalori per harinya, maka masa ini bukanlah saatnya untuk memangkas kalori. Apalagi ibu juga menyusui di malam hari.

2. Memerhatikan kesehatan emosional dan mental

Seperti elemen di awal masa pengasuhan anak lainnya, menyusui mungkin berbeda dari yang kita duga sebelumnya. Ibu mungkin akan merasa lebih lelah, frustrasi, bingung, atau merasa membutuhkan bantuan. Menurut riset yang dilakukan oleh NCT pada 2017, setengah dari para ibu mengalami masalah kesehatan mental pada beberapa waktu di masa kehamilan atau pada tahun pertama kelahiran anak. Jika kamu merasa membutuhkan bantuan, tanyalah lebih lanjut kepada dokter atau bidan tentang klinik menyusui atau kelompok pendukung lainnya.

3. Istirahat cukup

Ironisnya, tekanan untuk harus rileks bisa membuat ibu menyusui lebih stres daripada sebelumnya. Jadi, alih-alih memaksakan tidur jika bayi sedang tidur, ibu bisa melakukan hal menyenangkan lainnya yang membuat hati senang. Istirahat tidak harus tidur, tetapi bisa bersantai di sofa, menonton telebisi atau mendengarkan musik. Kegiatan apapun yang membuat senang.

4. Perhatian terhadap payudara

Sesekali lihatlah cermin dan periksalah payudaramu secara rutin. Jika ada area merah di salah satu payudara atau jika payudara terasa sakit, konsultasikanlah kepada dokter atau bidan. Menurut Moffet, itu bisa merupakan tanda-tanda awal mastitis atau kondisi menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan susu di payudara. Jika ada dugaan mastitis, NHS merekomendasikan memijat area yang terkena dampak dengan mandi air hangat, melanjutkan menyusui, mencoba berbagai posisi untuk merangsang area yang tersumbat, dan mungkin mulai menyusui bayi pada payudara yang terdampak untuk mencoba mengeringkan penyumbatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *