Emereja.Com

Tips Ringan Bermanfaat

Pohon Gaharu Berkualitas Unggul dan Kuat

Anda ingin budidaya pohon gaharu tapi bingung cari bibitnya ? Supplier kami menjual pohon gaharu dengan harga yang terjangkau dan mutu terjamin.

Budidaya bibit pohon gaharu

Pemilihan bibit pohon gaharu

Pemilihan bibit pohon gaharu ini sangat penting dilakukan dan merupakan hal dasar sebelum melakukan pembudidayaan. Pilihlah bibit pohon gaharu yang benar – benar memiliki kualitas. Dan pastikan bibit pohon gaharu yang dipilih bebas dari penyakit. Berikut ini adalah ciri – ciri bibit pohon gaharu yang sudah terkontaminasi oleh penyakit :

  • Akar tidak menembus bagian media tanam (misalnya polybag).
  • Diameter batang yang dimiliki bibit pohon gaharu berukuran kurang dari 1 cm (ukuran ideal).
  • Tinggi bibit pohon gaharu yang ideal adalah 20 cm – 30 cm. Jika kurang maka bibit itu tidak sehat.

Proses persiapan lahan untuk penanaman bibit pohon gaharu

Bila bibit sudah disiapkan dengan baik maka langkah selanjutnya adalah persiapan lahan. Hal – hal yang dilakukan dalam persiapan lahan ini antara lain :

  • Lubang tanam harus dibuat minimal 2 minggu sebelum proses penanaman bibit.
  • Lubang tanam yang biasa digunakan untuk bibit gaharu ini memiliki ukuran sekitar 30 x 30 x 30 cm.
  • Jarak tanam yang ideal untuk bibit pohon gaharu ini adalah 3 x 3 m per bibit. Atau bisa disesuaikan tergantung luas lahannya asalkan jarak tetap ada.
  • Tambahkan pupuk organik (pupuk kandang atau pupuk kompos) pada lubang tanam yang sudah disiapkan. Dosis yang digunakan per lubang tanam yakni 3 – 5 kg.
  • Selain pupuk organik alangkah baiknya juga menggunakan pupuk anorganik. Pupuk jenis NPK bisa dituangkan ke dalam lubang tanam dengan dosis 20 – 30 gram per lubang.
  • Setelah itu biarkan lubang tanam itu selama 1 minggu agar pupuk – pupuk tadi bercampur tanah dengan baik.

Proses penanaman pohon gaharu

Setelah lubang tanam sudah siap tinggal kita lakukan proses penanaman bibit pohon gaharu. Waktu yang baik untuk menanam bibit pohon gaharu ini adalah pada saat musim hujan dan dilakukan pada sore hari. Metode penanaman pohon gaharu ini dapat dilakukan dengan cara monokultur atau polikultur. Setelah bibit pohon gaharu ditanam timbun dengan tanah secara pelan – pelan dan padat agar bibit pohon gaharu nantinya tidak rebah.

Pohon gaharu milik kami dijamin dalam kondisi yang sehat sampai ke tangan pembeli.

Gaharu merupakan sejenis kayu yang berwarna kehitaman dan mengandung resin atau getah yang khas. Getah yang dihasilkan oleh kayu gaharu ini tidak sembarang getah. Getah nya memiliki aroma yang sangat harum sehingga banyak yang memburunya untuk industri wangi – wangian. Gaharu banyak diperdagangkan rata – rata dengan harga jual yang sangat tinggi. Gaharu yang memiliki harga jual yang tinggi – tinggi ini dikelompokkan ke dalam jenis gaharu beringin. Ada pula gaharu yang memiliki harga – harga rendah dan tentunya memiliki kualitas yang rendah juga. Gaharu jenis ini dikelompokkan ke dalam jenis gaharu buaya.

Pohon gaharu ini memiliki harga yang bervariasi tergantung dari kandungan resin di dalamnya. Semakin banyak resin nya maka harganya akan semakin mahal. Dalam dunia perdagangan gaharu digolongkan menjadi 3 kelas besar yakni gubal, kemedangan, dan abu. Namun saat ini keberadaan pohon gaharu ini mulai terancam karena tingkat eksploitasi yang semakin tinggi tanpa diiringi dengan reboisasi yang jelas tempatnya. Maksudnya disini adalah cara reboisasi pohon gaharu ini di sembarang tempat, dan tempat itu tidak cocok ditanami pohon gaharu sehingga kegiatan reboisasi ini menjadi sia – sia. Ada juga dari si pengeksploitasi yang cara menebang pohon gaharu seenaknya. Pohon gaharu yang memiliki getah ataupun tidak memiliki getah semua ikut ditebang akhirnya lama – kelamaan habis.

Anda ingin membeli pohon gaharu kami ? Hubungi contact person yang tertera di website utama kami.

  • Published On : 2 weeks ago on January 11, 2019
  • Author By :
  • Last Updated : January 11, 2019 @ 11:28 am
  • In The Categories Of : Bisnis

Leave a Reply

';