Emereja.Com

Tips Ringan Bermanfaat

Menopause

Menopause

Menopause adalah keadaan dimana tidak berlangsung menstruasi sepanjang 12 bln. karena tidak aktifnya folikel sel telur. Periode transisi menopause dihitung dari periode menstruasi paling akhir dibarengi dengan 12 bln. periode amenorea (tidak memperoleh siklus haid) manjakani aceh

Menopause adalah sisi dari periode transisi perubahan masa reproduktif ke masa tidak reproduktif. Umur rata-rata menopause sekitar 43–57 th.. Tetapi tak ada langkah yang tentu untuk memperkirakan kapan seseorang wanita juga akan masuk masa menopause.

Diluar itu, aspek keturunan juga ikut bertindak, dimana seseorang wanita juga akan alami masa menopause pada umur tidak jauh berlainan dari ibunya.

Sepanjang menopause, badan seseorang wanita dengan perlahan-lahan kurangi produksi hormon estrogen serta progesterone hingga terjadi beragam tanda.

Diagnosis

Pemilihan diagnosis menopause daapt dikerjakan jika seseorang wanita tidak memperoleh haid sepanjang 1 th. (12 bln. berturut-turut).

Tanda

Tanda yang seringkali dikeluhkan pada menopause adalah :

Perubahan didalam periode menstruasi (memendek atau memanjang, semakin banyak atau lebih sedikit atau tidak memperoleh menstruasi sekalipun)

Hot flashes

Keringat malam

Kekeringan pada vagina

Masalah tidur

Perubahan mood (depresi, gampang tersinggung)

Nyeri saat bersanggama

Infeksi saluran kemih

Inkontinensia urin atau beser (tidak dapat menahan keluarnya air seni)

Tidak tertarik pada hubungan seksual

Penambahan lemak badan di sekitaran pinggang

Bermasalah dengan konsentrasi serta daya ingat

Penyembuhan

Menopause sendiri adalah sisi yang normal dari perjalanan hidup seseorang wanita serta bukanlah adalah penyakit yang butuh diterapi. Bagaimanapun juga, therapy bisa saja jika tanda dari menopause mengganggu atau jadi bertambah kronis.

Modifikasi pola hidup bisa kurangi ketidaknyamanan yang dihadapi karena tanda yang berlangsung. Hal semacam ini juga pastinya juga akan buat badan merasa lebih sehat.

Modifikasi pola hidup yang dianjurkan adalah :

Memberikan makanan yang kaya kandungan kalsium. Dapat pula dikerjakan dengan konsumsi suplemen kalsium.

Hindari alkohol serta cafein yang bisa menyebabkan terjadinya hot flashes.

Berhenti merokok.

Berolahraga teratur. Kesibukan fisik yang dikerjakan dengan teratur dapat menolong turunkan berat tubuh, melakukan perbaikan kwalitas tidur, memperkuat tulang, serta tingkatkan mood. Jalan cepat, aerobic low impact, serta menari adalah contoh berolahraga yang bisa memperkuat tulang.

Jauhi stress. Meditasi atau yoga bisa menolong untuk relaks serta beradaptasi dengan tanda yang dihadapi pada periode peralihan hormonal.

Sebagian dokter juga merekomendasikan untuk memakai pil kontrasepsi untuk kurangi tanda yang berlangsung.

Saat masuk kedalam fase menopause, apabila beberapa gejala itu makin mengganggu, jadi dapat dikerjakan therapy hormonal memakai hormon estrogen serta progesterone. Therapy ini bisa dikerjakan apabila masih tetap ada rahim atau hormon estrogen apabila telah tidak mempunyai rahim.

Therapy hormonal ini bisa kurangi tanda yang berlangsung di masa menopause serta menghindar keroposnya tulang. Therapy ini ada dalam beragam jenis bentuk, salah satunya adalah tablet atau patch yang ditempelkan ke kulit, Hormon Replacement Terapi (HRT), serta therapy hormonal lokal (vagina).

Therapy hormonal bisa memiliki kandungan estrogen saja, progesterone saja, testosterone saja, atau gabungan estrogen-progesteron. Therapy hormonal efisien untuk kurangi tanda hot flashes serta kekeringan pada vagina.

Penyebab

Menopause berlangsung jadi sistem alami dimana badan seseorang wanita dengan perlahan-lahan kurangi produksi hormon estrogen serta progesteron.

Tetapi, sebagian aksi medis dapat juga mengakibatkan produksi hormon progesteron serta estrogen alami penurunan sampai menyebabkan terjadinya menopause awal. Dengan terdapatnya penurunan ke-2 hormon ini, sistem ovulasi lama kelamaan juga akan berhenti.

  • Published On : 12 months ago on November 17, 2017
  • Author By :
  • Last Updated : November 17, 2017 @ 12:47 am
  • In The Categories Of : Kesehatan

Leave a Reply

';