Emereja.Com

Tips Ringan Bermanfaat

Mengenal Tumor Hidung, Gejala Dan Penanganannya

Mengenal Tumor Hidung, Gejala Dan Penanganannya

Tumor hidung yang berbentuk non kanker atau jinak biasanya tidak menebar ke sisi badan beda serta tidak meneror jiwa. Demikian sebaliknya, tumor hidung yang berbentuk kanker atau dimaksud juga kanker hidung adalah perkembangan jaringan abnormal yang dapat menebar ke sisi badan yang lain. Ada juga bermacam keadaan klinis yang lain yang masih tetap terkait dengan tumor hidung, diantaranya tumor sinus paranasal serta sinonasal. Tumor sinus paranasal yaitu tumor yang berlangsung di rongga sinus, sesaat tumor sinonasal yaitu tumor langka yang tumbuh di rongga hidung serta ruang sinus toko herbal

Tanda Tumor Hidung yang Butuh Anda Waspadai

Baik tumor hidung non-kanker, tumor hidung ganas (kanker hidung), maupun tumor sinonasal, mempunyai banyak persamaan tanda, diantaranya :

Hidung terhalang serta meler.

Keluar cairan lendir atau darah dari hidung.

Sakit kepala.

Rasa nyeri di sekitaran muka seperti di dahi, hidung, pipi, dan sekitaran mata dan

Pembengkakan di muka.

Masalah pandangan.

Seringkali mimisan.

Hilangnya indera penciuman atau indera pengecap.

Nyeri atau mati rasa di muka atau gigi.

Kesusahan buka mulut.

Nyeri telinga.

Kesusahan mendengar.

Type Tumor Hidung Jinak serta Ganas

Ada bermacam type tumor yang bisa berlangsung di sekitaran rongga hidung serta sinus. Tumor hidung yang berbentuk jinak atau non-kanker, diantaranya :

Polip hidung

Polip hidung adalah perkembangan jaringan pada susunan mukosa hidung atau pada sinus. Polip hidung dengan ukuran besar dapat mengakibatkan hidung terhalang atau berair, sakit kepala, kehilangan kekuatan mengecap serta mencium bau.

Inverted papilloma

Inverted papilloma yaitu perkembangan sel jinak di susunan rongga hidung atau sinus. Hasil riset tunjukkan kalau inverted papilloma berkaitan dengan infeksi human papillomavirus (HPV). Meski macamnya non-kanker, tapi inverted papilloma dapat beresiko serta dapat menghancurkan tulang di sekelilingnya. Sel tumor dapat juga tumbuh jauh kedalam jaringan di dekat sinus, bahkan juga ke Beberapa masalah inverted papilloma bisa berkembang jadi karsinoma sel skuamosa.

Sedang type tumor hidung atau sinus yang ganas (kanker), diantaranya :

Karsinoma sel skuamosa.

Kanker kelenjar liur minor.

Adenokarsinoma.

Kanker neuroendokrin.

Esthesioneuroblastoma.

Tumor ganas yang lain yang bisa berlangsung di hidung, tetapi lebih tidak sering, yakni limfoma, melanoma mukosa, sarkoma jaringan lunak, kanker tulang, karsinoma sel transisional, karsinoma kistik adenoid, melanoma, neuroblastoma, sarkoma, plasmacytoma, serta karsinoma metastatik atau sebaran kanker dari organ beda.

Aspek Resiko Tumor Hidung

Meski beberapa tumor hidung atau kanker hidung tidak mempunyai aspek resiko yang pasti, tetapi Anda tetaplah butuh mengetahui sebagian aspek umum yang bisa tingkatkan resiko terserang kanker. Aspek-faktor itu salah satunya yaitu :

Paparan debu kayu, debu tekstil, serta debu dari kulit

Paparan asap rokok atau tembakau.

Senyawa nikel.

Pembuatan alkohol isopropil.

Radium-226.

Virus Epstein-Barr (EBV).

Inverted papilloma.

Human papillomavirus (HPV).

Paparan formaldehida.

Kromium.

Terapi radiasi untuk retinoblastoma.

Gas

Langkah Mendiagnosis Tumor Hidung serta Perlakuannya

Tumor hidung serta tumor paranasal bisa didiagnosis lewat kontrol fisik, endoskopi, CT scan, serta MRI. Penyembuhan untuk tumor hidung serta tumor paranasal tergantung pada lokasi tumor serta type sel apa yang ikut serta. Mengenai type penyembuhannya mencakup :

Prosedur operasi untuk pengangkatan tumor, dapat berbentuk operasi terbuka ataupun operasi bedah

Terapi radiasi memakai Rontgen atau terapi proton, untuk membunuh sel kanker.

Kemoterapi yang bisa dipakai sebelumnya atau setelah operasi. Kemoterapi dapat juga dipakai berbarengan dengan terapi radiasi. Prosedur ini mempunyai tujuan membunuh sel kanker.

Ada juga penyembuhan dengan perawatan paliatif, yaitu perawatan medis spesial yang fokus pada perlakuan nyeri serta tanda penyakit tumor hidung. Cermati bila Anda alami tanda pilek yang kambuhan serta berlangsung dalam periode panjang, dibarengi seringkali mimisan, masalah pada indera penciuman, atau yang dirasakan beda yang mengganggu. Periksakan diri ke dokter THT untuk meyakinkan kalau Anda tidak alami tumor hidung.

  • Published On : 2 months ago on April 11, 2018
  • Author By :
  • Last Updated : April 11, 2018 @ 6:58 am
  • In The Categories Of : Kesehatan

Leave a Reply

';