Emereja.Com

Tips Ringan Bermanfaat

Mengenal Bunga Anggrek

Anggrek adalah tanaman hias yang bunganya begitu indah. Anggrek sudah diketahui manusia semenjak 200 tahun kemarin serta baru semenjak 50 tahun paling akhir mulai dibudidayakan di Indonesia. Pusat tanaman anggrek di Eropa adalah Inggris, sedang di Asia adalah Muangthai. Di Indonesia, anggrek banyak ada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera ataupun di Irian Jaya.

Mengenal Bunga Anggrek

Type anggrek yang berada di Indonesia termasuk juga type yang indah salah satunya yakni:

Vanda tricolor (ada di Jawa Barat serta di Kaliurang), Vandahookeriana (warnanya ungu berbintik-bintik datang dari Sumatera), anggrek ralat atau Dendrobium phalaenopsis, anggrek bulan atau Phalaenopsis amabilis, anggrek Paphiopedilun praestans, dari Irian Jaya, dan anggrek Paphiopedilun glaucophyllum yang datang dari Jawa Tengah.

Tanaman hias anggrek dapat dibedakan berdasar pada karakter hidupnya jadi 3, yakni:

Anggrek Ephytis adalah type anggrek yang menumpang pada batang pohon lainnya akan tetapi tidak mengakibatkan kerusakan atau merugikan yang ditumpangi. Alat yang dipakai untuk melekat adalah akarnya, sedang akar yang fungsinya untuk mencarri makanan adalah akar hawa.
Anggrek semi Ephytis adalah type anggrek yang melekat pada pohon atau tanaman lainnya tapi tidak mengakibatkan kerusakan yang ditumpangi, hanya akar lekatnya pun berperan seperti akar hawa yakni untuk mencari makanan untuk berkembang.
Anggrek Terrestris adalah type anggrek yang hidup diatas tanah. Anggrek type ini banyak juga dibudidayakan

Panduan serta Langkah Menanam Bunga Anggrek Supaya Cepat Berbunga

Tanaman hias anggrek dapat tumbuh di beberapa ketinggian tempat. Tanaman ini dapat tumbuh dari mulai 0 sampai 5.000 m diatas permukaan air laut. Type anggrek yang tumbuh pada dataran rendah (seputar 0-300 m diatas permukaan laut) diataranya yakni Acampe praemorsa, Pholidota imbricata, Cymbidium aloifolium, serta Vanda roxburghii.

Sedang type anggrek dataran tinggi (ketinggian seputar 3.500- 5.000 m diatas permukaan laut) diataranya yakni Bulbophyillum retusiusculum, Habenaria cumminsiana, Nervilia macroglossa, Pleione maculate, Herminium longilobatum, dan lain-lain.

Susunan morfologi tanaman hias anggrek, terpenting bunganya begitu menarik. Tanaman ini ialah tanaman herba tahunan, yang tumbuh di sejumlah kondisi iklim yang berbagai macam.

Type anggrek ada yang hidup di semak-semak atau pohon-pohonan serta dikatakan sebagai anggrek liar, ada yang hidup di tanah atau yang dimaksud terestrial, ada yang hidup di batuan serta dimaksud litofit, yang hidup di sisa-sisa tanaman adalah epifit, sedang yang tumbuh di air seperti Rhizanthella serta Cryptanthemis diberi nama semiakuatik.

Tanaman hias anggrek tidak berbentuk parasit, hingga tidak merugikan tanaman yang lain. Tanaman ini penuhi kubutuhan makanan untuk dianya proses dari fotosintesis, serta justru tahan hidup beberapa bulan walau tiada perawatan.

Budidaya tanaman hias anggrek akan sukses dengan baik bila lingkungan tumbuh alaminya dapat tercukupi. Aspek genetik adalah aspek yang terpenting dalam perkembangan serta pembungaan tanaman anggrek. Tapi, aspek lingkungan ikut juga bertindak menetukan keberhasilan budidaya tanaman hias bunga anggrek. Faktor-faktor lingkungan yang punya pengaruh pada perkembangan tanaman ini ialah temperatur, kelembaban serta cahaya matahari

  • Published On : 4 weeks ago on March 20, 2019
  • Author By :
  • Last Updated : March 20, 2019 @ 9:22 am
  • In The Categories Of : Uncategorized

Leave a Reply

';