Emereja.Com

Tips Ringan Bermanfaat

Manfaat Herbal Torbangun

Manfaat Herbal Tanaman Torbangun

Hasil gambar untuk torbangun mengatasi

Dikutip berasal dari ums.ac.id, penduduk menggunakan daun torbangun sebagai obat tradisional dikarenakan berkhasiat sebagai peluruh dahak terhadap penyembuhan batuk, peluruh kentut, penurun panas, sariawan usus, demam, tetanus, sembelit, kejang perut, penyakit telinga. Sedangkan buah atau bijinya berkhasiat untuk obat cacar, antimuntah, lepra, ayan, radang, raja singa, batuk, batuk rejan, panu, dan influenza.

Daun torbangun, dikutip berasal dari Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI), April 2014 Vol. 19, juga salah satu tanaman pangan yang punya faedah sebagai laktagogum, yaitu mampu tingkatkan sekresi dan mengolah air susu ibu. Oleh dikarenakan itu, daun bangun-bangun terlalu potensial untuk dimanfaatkan sebagai salah satu bahan di dalam pengembangan produk makanan tambahan fungsional bagi ibu menyusui.

Sedangkan potensi daun torbangun dikutip berasal dari ipb.ac.id, sebagai bahan pangan sumber zat besi, provitamin A (karoten) dan kalsium. Bahan daun bangun-bangun sebanyak 100 g memiliki kandungan kalsium sebesar 279 mg, besi sebesar 13,6 mg, dan karoten total sebesar 13.288 mikrogram. Nilai ketiga tipe zat gizi ini lebih besar apabila dibandingkan dengan daun katuk (Sauropus androgynus). Daun katuk juga merupakan tipe tanaman yang daunnya digunakan sebagai pelancar mengolah air susu ibu (ASI).

Laboratorium Department of Chemistry Gorakhpur University terhadap th. 2006 menemukan kandungan senyawa penting yang berperan aktif di dalam metabolisme sel dan merangsang mengolah susu.

Secara umum di dalam daun torbangun sudah ditemukan tiga komponen utama. Komponen pertama adalah senyawa yang berwujud laktagogum, yaitu komponen yang mampu menstimulir mengolah kelenjar air susu terhadap induk laktasi. Komponen kedua adalah zat gizi. Komponen ketiga adalah farmakoseutika yaitu senyawa-senyawa yang berwujud buffer, antibakterial, antioksidan, pelumas, pelentur, pewarna dan penstabil.

Tumbuhan torbangun, dikutip berasal dari web site balitnak.litbang.pertanian.go.id, punya berbagai bahan aktif seperti karvakrol forksolin, koleol, fitosterol, barbatusin, dan fitokemikal lain yang bermanfaat untuk merangsang mengolah ASI, pemulihan keseimbangan setelah melahirkan, uterine cleansing agent, antioksidan, merangsang semangat, membuat sembuh sariawan, demam, asma, batuk, ayan, kembung dan sebagai afrodisiak. Kandungan kimianya adalah saponin, flavonoid, polifenol dan minyak atsiri, dan kandungan senyawa yang digunakan sebagai antipiretik adalah flavonoid.

Tim peneliti Departemen Biokimia, FK Universitas Kristen Indonesia, dikutip berasal dari portalgaruda.org, meneliti komponen senyawa kimia di dalam daun, dahan, dan akar. Hasil penelitian ini tunjukkan daun torbangun yang diekstrak dengan etanol mampu berperan sebagai antioksidan berdasarkan nilai IC.

Daun torbangun memiliki kandungan minyak atsiri yang berpotensi sebagai antiseptik dan mempunyai kesibukan tinggi melawan infeksi cacing. Selain itu daun ini memiliki kandungan vitamin C, vitamin B1, vitamin B12, beta karoten, niasin, karvakrol, kalsium, asam-asam lemak, asam oksalat, dan serat.

Aktivitas biologi berasal dari senyawa-senyawa berikut sebagai antioksidan, diuretik, analgesik, mencegah kanker, antitumor, antivertigo, immunostimulan, antiradang, antiinfertilitas, hipokolesterolemik, hipotensif. Aktivitas farmakologi daun torbangun sudah diteliti sebagai prekursor antitumor dan kesibukan sitotoksik, antiperadangan, penginduksi daya tahan tubuh.

  • Published On : 2 months ago on October 26, 2018
  • Author By :
  • Last Updated : November 17, 2018 @ 1:25 pm
  • In The Categories Of : Kesehatan

Leave a Reply

';