Emereja.Com

Tips Ringan Bermanfaat

Kandungan Gizi Makanan Laut Yang Baik Untuk Kesehatan

Selain rasanya yang lezat, makanan laut atau boga bahari digemari karena mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Kandungan protein, asam lemak omega-3, serta vitamin dan mineral makanan laut terlalu penting untuk dilewatkan begitu saja.

Makanan laut atau seafood dikenal sebagai sumber beragam nutrisi yang meliputi protein, asam amino, serta vitamin dan mineral. Boga bahari juga diketahui mengandung nutrisi fungsional yang tidak ada pada hewan yang hidup di darat. Komponen tersebut meliputi asam lemak omega-3, yaitu asam eicosapentaenoic(EPA) dan asam docosahexsaenoic (DHA), yang membantu dalam mencegah aterosklerosis dan sumbatan pada pembuluh darah penyebab stroke dan serangan jantung baca juga

Kandungan Gizi Makanan Laut Yang Baik Untuk Kesehatan

Nutrisi Makanan Laut yang Tidak Boleh Dilewatkan

Berikut adalah kandungan nutrisi dari beragam makanan laut beserta manfaatnya:

  • Protein
    Makanan laut merupakan sumber protein berkualitas tinggi karena umumnya rendah lemak jahat, serta mengandung asam amino yang mudah diserap dan dicerna oleh tubuh. Kandungan protein dalam makanan laut berguna untuk pertumbuhan pada anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Selain mengenyangkan, protein dalam makanan laut juga baik untuk kesehatan otot, dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Semua makanan laut, termasuk semua jenis ikan, mengandung protein. Namun, tuna adalah jenis ikan dengan protein terbaik, karena mengandung rendah lemak dan kalori. Ikan salmon juga memiliki kandungan protein yang baik, di samping asam lemak omega-3 yang tinggi.

  • Asam lemak omega-3
    Selain protein dan asam amino, seperti taurine yang bersifat antiradang dan penurun kolesterol, makanan laut juga mempunyai kandungan asam lemak omega-3, yang terdiri dari DHA dan EPA. Asam lemak omega-3 merupakan lemak esensial yang banyak terdapat pada ikan yang dagingnya berwarna merah, seperti tuna, salmon, kembung, tongkol, tenggiri, bawal, cakalang, makarel, dan sarden. Selain ikan, makanan laut lainnya yang mengandung asam omega-3 adalah tiram, udang, dan lobster.

Ada tiga jenis omega-3 yaitu alpha linolenic acid (ALA), EPA, dan DHA. EPA dan DHA adalah bentuk omega-3 yang banyak ditemui pada makanan laut, sedangkan ALA banyak ditemui pada tanaman, seperti flaxseed. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa omega-3 memiliki banyak manfaat untuk berbagai macam penyakit, antara lain kanker, asma, depresi, penyakit jantung, ADHD, dan rheumatoid arthritis.

  • Published On : 3 months ago on May 29, 2018
  • Author By :
  • Last Updated : May 29, 2018 @ 7:41 am
  • In The Categories Of : Kesehatan

Leave a Reply

';