Emereja.Com

Tips Ringan Bermanfaat

Jual Pohon Gaharu Kualitas Terbaik Area Jatim

Jual pohon gaharu. Kami menyediakan pohon gaharu dengan kualitas terbaik untuk Anda yang sedang membutuhkannya.

Pemeliharaan dan perawatan bibit pohon gaharu

Perawatan dan pemeliharaan bibit pohon gaharu ini merupakan faktor yang paling penting. Caranya pun tidak jauh berbeda dengan tanaman lain nya yakni :

  • Pengairan, pengairan pohon gaharu dilakukan dengan cara menyiram lahan sekitarnya. Lakukan penyiraman rutin 1 x sehari, namun jika musim hujan sebaiknya jangan melakukan penyiraman yang berlebihan karena akan menyebabkan kebusukan pada akar pohon gaharu. Apabila memasuki musim kemarau lakukan penyiraman sesering mungkin agar nutrisi pohon gaharu tetap terjaga.
  • Pemberian pohon peneduh, bibit pohon gaharu ini nantinya memerlukan sebuah pohon peneduh. Pohon yang sering digunakan sebagai pohon peneduh untuk pohon gaharu adalah pohon pepaya atau pohon singkong. Namun ada juga yang membuat peneduh dari pelepah kelapa dan daun ilalang.
  • Pemangkasan cabang, pemangkasan pada pohon gaharu ini dimaksudkan untuk percepatan tumbuh pohon gaharu. Pemangkasan ini mengurangi ranting – ranting yang terdapat pada cabang pohon gaharu. Lakukan pemangkasan rutin selama 2 minggu sekali.
  • Pemupukan, pemupukan pada pohon gaharu ini biasanya menggunakan jenis pupuk organik (pupuk kandang dan pupuk kompos). Pupuk organik ini dapat digunakan pada pohon gaharu selama 6 bulan sekali. Sedangkan untuk pupuk anorganik (pupuk NPK) dapat diberikan selama 3 bulan sekali.
  • Penyiangan, lakukan penyiangan secara rutin agar bibit gulma ini terbebas dari berbagai macam gulma. Gulma yang tumbuh tidak terkontrol bisa menghambat pertumbuhan bibit pohon gaharu.

Supplier kami sudah lama bergerak di bidang jual pohon gaharu jadi Anda jangan ragu untuk memesan.

Soal hama dan penyakit yang menyerang pohon gaharu

Hama dan penyakit yang menyerang pohon gaharu tidak boleh disepelekan. Karena apabila pohon gaharu sudah terkena hama dan penyakit maka akan berpengaruh pada produksi getahnya dan itu sangat merugikan. Pengendalian hama dan penyakit pohon gaharu dapat dilakukan dengan cara penyemprotan pestisida pada bibit pohon gaharu ini. Pestisida ini nantinya mampu membasmi berbagai jenis kutu dan mencegah penyakit busuk akar.

Gaharu ini bisa memiliki getah yang harum karena ulah dari sebuah parasit. Parasit ini bernama Ascomycetes, parasit ini memiliki kulit berwarna gelap sehingga menyebabkan kayu gaharu juga ikut berubah jadi gelap. Hal ini berarti kayu gaharu sudah siap untuk dipanen karena getah nya sudah mulai keluar.

Dalam proses pembudidayaan pohon gaharu ini memerlukan teori dan pengaplikasian di lapangan yang tinggi agar pohon gaharu dapat menghasilkan getah semua. Karena saat proses pemanenan kayu pohon gaharu tidak semua pohon gaharu ini menghasilkan getah. Oleh karena itu perlu didukung dengan cara Рcara alternatif agar bisa memanen pohon gaharu secara maksimal. Pohon gaharu di Indonesia tumbuh secara liar di pulau Nusa Tenggara. Namun masyarakat disana kurang bisa memanfaatkan hal tersebut. Padahal tanah di pulau sana sangat cocok bagi pertumbuhan  pohon gaharu.

Pemanenan pohon gaharu

Pohon gaharu ini dapat dipanen setelah menginjak usia 7 tahunan. Pada umur 7 tahun ini para petani biasanya menyuntikkan semacam  bibit cendawan ke dalam batang pohon gaharu untuk proses penyempurnaan batang. Ciri batang yang sudah sempurna adalah batang gaharu yang berwarna kehitaman. Jangan lupa lakukan reboisasi kembali setelah melakukan penebangan pohon gaharu agar ekosistem pohon gaharu tetap terjaga dengan baik.

Jual pohon gaharu. Anda bisa langsung menghubungi contact person kami di website kami untuk memesannya.

  • Published On : 2 months ago on January 11, 2019
  • Author By :
  • Last Updated : January 11, 2019 @ 11:38 am
  • In The Categories Of : Bisnis

Leave a Reply

';