Emereja.Com

Tips Ringan Bermanfaat

Harga Bibit Rambutan Kapulasan Termurah

Halo bersama dengan admin lagi , pada kesempatan ini admin akan membahas tentang bibit rambutan kapulasan. Jika Anda masih bingung soal harga bibit rambutan kapulasan yang mahal – mahal , Anda bisa langsung mengunjungi website kami yang menyediakan bibit asli tanpa penipuan dan tentunya harga nya terjangkau.

Cara budidaya pohon rambutan kapulasan secara baik dan benar

Berikut ini adalah cara budidaya tanaman buah rambutan kapulasan yang baik dan benar :

  • Persiapan lahan yang digunakan untuk budidaya rambutan kapulasan

Pohon rambutan saat ini kebanyakan ditanam di sebuah pekarangan ataupun kebun. Ukuran lubang tanah yang digunakan untuk menanam bibit adalah 60 x 60 x 60 cm. Jarak tanam yang baik adalah sekitar 10 m hingga 14 m.

  • Proses penanaman bibit rambutan kapulasan

Setelah lubang tanah yang ada di lahan dibiarkan selama 2 – 4 minggu, bibit rambutan kapulasan yang telah disiapkan bisa dimasukkan ke dalam lubahg galian dan menutupnya dengan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang.

  • Penyiangan

Penyiangan merupakan proses menghilangkan tanaman pengganggu (gulma) yang ada di sekitar tanaman bibit rambutan kapulasan. Proses ini sangat perlu dilakukan karena jika ada tanaman gulma di sekitar tanaman bibit maka pertumbuhannya akan terganggu. Akan lebih baik jika dilakukan juga penggemburan tanah akan tetapi jangan sampai merusak struktur akar.

  • Dosis untuk melakukan pemupukan
Umur bibit Pupuk kandang (sak) Urea (gram) TSP (gram) KCL (gram)
Penanaman 3
1 tahun 4 100 50 200
2 tahun 5 150 60 250

 

Di umur yang seterusnya dosis pemupukan ini akan bertambah dengan selisih yang sama. Waktu pemupukan ini dilakukan pada saat musim penghujan dan pada akhir musim penghujan.

Seiring dengan beredarnya harga bibit rambutan kapulasan yang murah – murah , belum tentu bibit itu dalam keadaan yang baik. Oleh karena itu diperlukan sikap hati – hati untuk para konsumen.

  • Proses pembentukan pohon rambutan kapulasan

Ujung – ujung ranting pohon bibit rambutan kapulasan lebih baik dipotong apabila usianya sudah menginjak 2 tahun. Pemotongan ini dilakukan untuk memperkuat cabang pohon rambutan nantinya. Tunas – tunas yang tumbuh dengan tidak sempurna sebaiknya juga dipotong. Pemotongan – pemotongan ini tidak hanya dilakukan saat masa pertumbuhan bibit namun juga pada saat setelah masa panen.

  • Pembasmian hama dan penyakit

Hama yang sering dijumpai di pohon rambutan kapulasan adalah sejenis ulat , tupai dan juga keluang. Sedangkan penyakit yang sering menyerang pohon rambutan kapulasan ini adalah penyakit bercak daun dan penyakit akar putih. Degan cukup banyak nya hama dan penyakit dari pohon rambutan kapulasan ini sebaiknya pembasmian nya dilakukan secara intensif, rutin, dan sesuai prosedur.

  • Panen buah rambutan kapulasan

Buah rambutan yang sudah matang memiliki warna merah cerah, namun ada juga yang berwarna kuning tergantung dari jenis rambutan nya. Buah rambutan kapulasan ini sering dipanen ketika buah nya matang dari pohonnya , jarang ada yang memetik buah rambutan kapulasan sebelum matang dari pohon nya karena buah tidak akan matang bila sudah dipetik dari pohonnya.

Bila Anda tertarik dengan pelayanan supplier kami yang menyediakan harga bibit rambutan kapulasan yang murah dan tidak ada penipuan , Anda bisa mengunjungi website utama kami.

  • Published On : 1 month ago on October 16, 2018
  • Author By :
  • Last Updated : November 7, 2018 @ 6:20 am
  • In The Categories Of : Bisnis

Leave a Reply

';