Emereja.Com

Tips Ringan Bermanfaat

Cara Menanam Bibit Pohon Mangga Cangkokan

Cara Menanam Bibit Pohon Mangga Cangkokan

Bagaimana cara menanam bibit pohon mangga cangkokan? Keluarga di Indonesia paling senang menanam pohon mangga di pekarangan rumahnya. Mangga memang mempunyai postur pohon yang rindang sehingga dapat menaungi tempat tinggal. Pada saat tengah berbuah, Anda juga bisa menikmati buah mangga yang nikmat ini secara cuma-cuma. Pohon mangga bisa diperbanyak dengan metode generatif maupun vegetatif. Salah satu teknik vegetatif untuk mengembangbiakkan tanaman mangga yang paling banyak diterapkan adalah cangkok. Pohon mangga hasil cangkokan mempunyai sifat yang sama persis seperti tanaman induknya. Dengan demikian, kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh tanaman indukan dapat terjaga dengan baik Jual Bibit Mangga.

menanam-pohon-mangga-cangkokan.jpg Anda bisa membeli bibit mangga cangkokan berkualitas unggul di Toko Tanaman. Barulah kemudian Anda bisa menanamkannya dengan langkah-langkah sebagai berikut! Alat dan Bahan : Bibit pohon mangga Pupuk kandang Cangkul Gunting Langkah-langkah : Bibit pohon mangga yang sudah Anda terima sebaiknya didiamkan tetap berada di dalam polybag selama 5-7 hari. Hal ini bertujuan untuk membantu bibit tersebut beradaptasi dengan lingkungan barunya. Selama proses ini tengah berlangsung, Anda wajib menyiram bibit setiap 2 kali sehari pada pagi dan sore. Sembari menunggu bibit mangga Anda menyesuaikan diri, Anda bisa membuat lubang tanam terlebih dahulu.

Caranya adalah tentukan posisi di mana bibit akan ditanam di pekarangan rumah. Kemudian buat lubang tanam yang berukuran 1 x 1 m dengan kedalaman 50 cm. Gunakan cangkul untuk menggali lubang tanam tersebut. Lapisan tanah top soil yang berada di kedalaman 0-30 cm sebaiknya dipisahkan karena tanah tersebut sangat bagus dipakai untuk menimbun bibit. Isilah lubang tanam tadi dengan pupuk kandang hingga ketebalannya mencapai 20-30 cm. Setelah itu, diamkan lubang tanam selama seminggu supaya nutrisi yang terkandung di dalam pupuk kandang terserap ke dalam tanah. Waktunya untuk menanamkan bibit pohon mangga. Proses pemindahan ini sebaiknya dilakukan ketika pagi atau sore hari.

Hati-hati saat mengerjakannya. Usahakan sistem perakaran tanaman yang rusak tidak terlalu banyak. Gunakan gunting untuk memotong lapisan polybag bagian bawah secara melingkar. Kemudian lepaskan juga sisi samping polybag dari media tanam. Sehingga kini yang tersisa hanyalah bibit dan media tanam tanpa diselubungi oleh polybag. Bibit pohon mangga ini lantas dimasukkan ke dalam lubang tanam dengan kedalaman setinggi ukuran polybag. Kemudian timbun bibit tersebut memakai lapisan tanah top soil. Pastikan posisi bibit sudah dalam keadaan tegak ke atas. Lalu Anda bisa menyiram media tanam dengan air secukupnya untuk melembabkan udara di sekitarnya.

  • Published On : 10 months ago on August 15, 2017
  • Author By :
  • Last Updated : August 15, 2017 @ 4:14 am
  • In The Categories Of : Berkebun

Leave a Reply

';