Emereja.Com

Tips Ringan Bermanfaat

Bibit Mangga Kweni Kualitas Terbaik Area Surabaya

Anda ingin budidaya mangga kweni namun belum mempunyai bibit mangga kweni ? Pesan saja di supplier kami dijamin murah.

Tahap perawatan bibit pohon mangga kweni

Perawatan bibit mangga kweni ini dilakukan kegiatan antara lain penyulaman, penyiraman , dan penyiangan. Lakukan pemantauan kebun bibit mangga secara rutin, segera sulam bibit yang sekiranya sudah mati, tumbuh tidak normal, dan terserang penyakit dan hama. Awal – awal bibit mangga ini memerlukan cukup banyak air supaya pertumbuhannya semakin optimal. Kemudian soal kegiatan penyiangan, lakukan penyiangan bibit mangga kweni ini secara rutin juga agar gulma – gulma tidak mencuri nutrisi yang seharusnya milik bibit mangga kweni.

Tahap pemupukan bibit pohon mangga kweni

Pupuk yang biasa digunakan untuk budidaya bibit mangga kweni adalah pupuk jenis kompos atau kandang, pupuk NPK, dan pupuk Urea. Dosis pupuk yang diberikan pun tergantung dari usia bibit mangga kweni, berikut adalah contoh dosis pemupukan bibit mangga kweni :

  • Untuk bibit mangga kweni berusia muda, jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK dan Urea dengan perbandingan 14 : 14 : 14 , dosisnya 300 gram – 500 gram untuk pupuk NPK dan 300 gram untuk pupuk Urea per pohon mangga kweni.
  • Untuk bibit mangga kweni berusia dewasa, jenis pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK dan pupuk organik dengan perbandingan 14 : 14 : 14 , dosisnya 1,5 – 2 kg untuk pupuk NPK dan 1 sak untuk pupuk organik per pohon mangga kweni.

Pemupukan bibit mangga kweni ini dilakukan dengan cara melingkari batang bibit mangga , jarak antara taburan pupuk tersebut dengan batang bibit adalah sejauh 1 jangka kaki.

Soal hama dan penyakit yang menyerang bibit pohon mangga kweni

Hama yang sering menyerang bibit mangga kweni ini adalah sejenis kumbang ( kumbang penggerek buah dan cabang ), sejenis kutu ( kutu putih ), dan sejenis kepik. Sedangkan penyakit yang sering menyerang bibit mangga kweni adalah penyakit jamur dan diplodia. Maka dari itu pemberian antibakteri dan pestisida yang rutin sangat diperlukan.

Pemanenan pohon mangga kweni

Jika pohon mangga kweni berasal dari bibit okulasi , musim berbunga berlangsung 3 sampai 4 tahun. Namun jika pohon mangga kweni berasal dari bibit generatif akan lebih lama lagi waktu berbunganya. Pohon mangga kweni ini mengeluarkan bakal buah sekitar bulan Agustus – September. Tanda – tanda buah mangga yang sudah matang adalah warna kulit buah nya yang hijau tua atau kebiruan (tergantung jenis mangganya).

Bibit mangga kweni milik kami dijamin sehat bebas dari serangan hama dan penyakit.

Pohon mangga kweni adalah sejenis mangga yang sebenarnya masih 1 marga dengan pohon buah yang bernama bacang. Buah mangga kweni ini memiliki daging buah yang bertekstur lembut dan memiliki aroma yang harum dibanding dengan jenis mangga – mangga lainnya.

Pohon mangga kweni ini dapat tumbuh mencapai tinggi 10 – 15 m, ada juga yang sampai 20 m namun kasus ini sangat jarang ditemui. Pohon mangga kweni ini bila dilukai maka akan mengeluarkan getah yang bening namun lama – kelamaan akan berubah menjadi coklat hitam. Hati – hati dengan getah ini karena ini bisa membuat kulit manusia menjadi gatal. Daun dari pohon mangga kweni ini memiliki ukuran 12 cm – 35 cm x 4 cm – 10 cm. Bentuk daunnya lonjong dan lanset. Bunga dari pohon mangga kweni ini memiliki diameter mencapai 6 mm. Buah mangga kweni ini memiliki kulit buah berwarna hijau kekuningan dengan bintik – bintik berwarna coklat. Daging buah mangga kweni berwarna kuning ada juga yang jingga.

Buah mangga kweni ini banyak dimanfaatkan sebagai buah langsung makan. Ada juga yang dimanfaatkan sebagai campuran es buah. Biji buah mangga kweni ini bisa diolah menjadi tepung dan sebagai bahan campuran pembuatan dodol. Kulit buah mangga kweni juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Asal – usul pohon mangga kweni hingga saat ini masih menjadi misteri. Diduga dulunya mangga kweni dianggap sebagai hasil dari persilangan antara mangga dan bacang. Pohon mangga kweni dapat hidup di daerah yang memiliki ketinggian mencapai 1000 mdpl. Pohon mangga kweni umumnya dikembang biakkan melalui biji.

Anda bisa langsung pesan bibit mangga kweni kami di website kami tunggu apalagi keburu kehabisan.

  • Published On : 4 weeks ago on January 23, 2019
  • Author By :
  • Last Updated : January 25, 2019 @ 5:45 am
  • In The Categories Of : Bisnis

Leave a Reply

';