Emereja.Com

Tips Ringan Bermanfaat

5 Cara yang Harus Diterapkan Saat Membeli Mobil Bekas Di Bali

5 Cara yang Harus Diterapkan Saat Membeli Mobil Bekas Di Bali

Semakin lama, harga mobil di pasaran Indonesia semakin mahal, belum lagi dengan tambahan pajak tinggi yang harus dibayar oleh setiap pemilik mobil. Kondisi ini dirasakan menjadi hal yang memberatkan, khususnya bagi orang yang punya kondisi finansial kurang baik, sehingga banyak dari mereka yang memutuskan untuk membeli mobil bekas. Cara tersebut dirasa lebih efektif, karena selain murah tak perlu juga memusingkan biaya kredit cicilan bulanannya.

Jangan pernah berpikir bahwa setiap mobil bekas adalah barang rongsokan, karena jika jeli dan teliti dalam memilih, kemungkinan besar Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas terbaik. Biasanya, mereka yang sering menawarkan hal tersebut adalah tempat penjualan mobil bekas di Bali. Ya, seperti yang kita tahu masyarakat di sana begitu ramah dan selalu bersikap baik dengan pendatang ataupun wisatawan, apalagi jika Anda adalah penduduk asli Pulau Bali.

Namun, tetap saja pada akhirnya Anda harus menerapkan kewaspadaan ekstra ketika hendak beli mobil bekas. Sebab, semurah apapun nominal mobil bekas di pasaran, harga jualnya masih berkisar puluhan hingga ratusan juta rupiah (tergantung jenis / merek mobil). Oleh karena itu, Anda tak boleh asal dalam melakukan transaksi pembelian, sekalipun itu hanya sekelas mobil dengan kualitas bekas. Sebagai pembeli, Anda pun berhak mendapat yang terbaik.

Sebagai pelaksanaannya, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ini, ketika Anda ingin membeli sebuah mobil bekas dengan kualitas baik.

 

Bertanya Tentang Sejarah Mobil

 

Baik mobil bekas di Bali, maupun yang dijual di tempat lain memiliki cerita sejarah dengan pemilik sebelumnya. Sebaiknya selalu tanyakan hal tersebut, untuk mengetahui apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan. Bukan hanya itu saja, pastikan pula bahwa mobil yang hendak dibeli berasal dari pemilik pertama.

 

Harus Mengerti Mesin

 

Sebelum menggantikan pemilik lama sebagai pemilik dari sebuah mobil, itu artinya Anda telah siap dengan biaya balik nama mobil yang nantinya akan dikeluarkan. Namun sebelum deal dengan sebuah transaksi pembelian mobil bekas, Anda harus mengerti mesin dan harus mengetahui cara mengeceknya. Apabila tidak mengerti mesin, akan lebih baik bagi Anda untuk didampingi seseorang yang sudah paham mengenai seluk-beluk mesin mobil dalam kriteria bagus dan memupuni.

 

Periksa Catatan Servis Kendaraan

 

Anda pun pasti sudah paham, bahwa mobil yang diservis secara rutin dan teratur pasti memiliki kemampuan performa yang baik. Ketika memeriksa catatan servis tersebut, lihatlah setiap catatannya, untuk mengetahui apa saja komponen yang pernah diganti.

 

Lakukan Test Drive Lebih Lama

 

Hanya dengan melihat catatan servis mobil tak akan ada artinya, apabila tidak dilakukan test drive untuk mengetahui performa dan kondisi mesinnya secara langsung. Ajaklah sang pemilik / penjual untuk melakukan test drive bersama Anda, sehingga mereka bisa tahu secara langsung seperti apa kondisi mobil tersebut ketika diuji pada medan jalan yang halus hingga yang tidak rata.

 

Periksa Kelengkapan Surat

 

Sebelum sampai pada proses negosiasi, periksa terlebih dahulu kelengkapan surat-surat mobil. Pastikan bahwa mobil tersebut memiliki BPKB dan STNK asli. Apabila kurang menyakinkan, Anda bisa bertanya tentang bukti faktur pembeliannya. Tanyakan pula, apakah mobil tersebut memiliki asuransi atau tidak. Jika semua telah berhasil dipastikan, maka Anda hanya perlu mengetahui bagaimana cara balik nama mobil, sehingga mobil tersebut bisa segera menjadi milik Anda secara resmi sesuai legalitas prosedur kepemilikan.

Dengan menerapkan beberapa cara ini, Anda pun tak perlu ragu ketika mengambil keputusan untuk benar-benar ingin membeli kendaraan pada tempat yang jual mobil bekas di Bali. Sebab, dengan modal pengetahuan tersebut, kapan pun dan dimana pun Anda bisa beli mobil bekas kualitas terbaik tanpa khawatir akan mengalami penyesalan.

  • Published On : 3 months ago on December 19, 2018
  • Author By :
  • Last Updated : December 19, 2018 @ 1:18 am
  • In The Categories Of : Uncategorized

Leave a Reply

';